Tour de Prambanan 2017

0
51
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

Selain wisata budaya dan alam, salah satu potensi wisata yang bisa mengundang banyak wisatawan adalah melalui sport tourism. Sport tourism menggabungkan aktivitas olah raga dan aktivitas wisata. Beberapa event sport tourism mulai digelar di berbagai daerah Indonesia. Menteri Pariwisata Arif Yahya menyampaikan bahwa sport tourism sangat efektif dalam mempromosikan pariwisata berbagai daerah di Indonesia, karena media value-nya yang tinggi.

Sleman memiliki potensi yang cukup besar terkait pelaksanaan sport tourism ini. Sebut saja keberhasilan pelaksanaan Mandiri Jogja Marathon di area Candi Prambanan pada 23 April 2017, Sleman Temple Run pada 16 Juli 2017, dan Jelajah Wisata pada 10 September 2017.

Selanjutnya pada 29 Oktober 2017 mendatang, Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Pariwisata Sleman bekerja sama dengan Lovina Event Organizer kembali akan menggelar event sport tourism dengan nama Tour de Prambanan. Event bersepeda sejauh 100 km ini dimaksudkan sebagai persiapan menjadikan Sleman sebagai salah satu tempat pelaksanaan event road bike skala nasional yang bergengsi. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah 1) menjadikan  Sleman sebagai salah satu destinasi wisata olah raga terkemuka; 2) memperkenalkan potensi pariwisata Sleman; dan 3) menggali bibit unggul atlet road bike di Kabupaten Sleman.  

Kegiatan ini menyasar atlet road bike, penggemar road bike, komunitas sepeda, dan masyarakat umum. Dengan target peserta sebanyak 500 orang, diharapkan gelaran ini bisa menjadi event road bike skala nasional yang bergengsi. Tema yang diangkat dalam gelaran ini adalah “Menyandingkan olah raga, budaya, dan pariwisata”. Dengan start dan finish di kawasan Candi Prambanan, Tour de Prambanan ini akan melalui 12 kecamatan, seperti Kecamatan Prambanan, Cangkringan, Pakem, Turi, Tempel, Minggir, Seyegan, Sleman, Mlati, Depok, Ngaglik, dan Kalasan, dengan jarak tempuh sejauh 100km.

Biaya pendaftaran untuk event ini adalah sebesar Rp 300.000,- dimana peserta akan mendapatkan fasilitas berupa kaos, asuransi, snack/buah dan water supply selama perjalanan, makan siang, medali bagi finisher, door prize dan hadiah berupa tropi dan uang pembinaan bagi pemenang. Adapun total hadiah yang diperebutkan dalam gelaran ini adalah sebesar 30 juta rupiah. Jumlah pendaftar sampai saat ini adalah sebanyak 241 peserta. Bagi masyarakat umum yang berminat, dapat mendaftarkan diri secara online melalui http://sepedasehat.com/registrasi/tdp2017. Pendaftaran masih dibuka sampai dengan 25 Oktober 2017 mendatang.

Panitia menjamin bahwa peserta akan dapat menikmati pemandangan menawan dengan jalur menantang dan tentunya kehangatan dan keramahan penduduk yang ditemui sepanjang rute perjalanan.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz