Sambutan Kepala Dinas Pariwisata Di Kegiatan Saka Pariwisata Cabang Sleman Ke-3 Tahun 2017

0
625

SAMBUTAN KEPALA DINAS PARIWISATA KABUPATEN SLEMAN

KEGIATAN SAKA PARIWISATA CABANG SLEMAN

PENDIDIKAN DASAR SAKA PARIWISATA CABANG SLEMAN KE-3

TAHUN 2017

DINAS PARIWISATA KABUPATEN SLEMAN, 22 JULI 2017

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Majelis Pembimbing Saka Pariwisata Cabang Sleman beserta jajaranya,

Yang terhormat Kakak Ketua Kwartir Cabang Sleman beserta jajaranya

Yang kami hormati Kakak Ketua Pinsaka Saka Pariwisata Sleman beserta jajarannya,

Yang kami hormati Kakak Ketua Dewan Kerja Cabang Sleman beserta jajarannya,

Yang kami hormati Kakak-Kakak Anggota Saka Pariwisata Kwartir Cabang Sleman,

Serta tamu undangan yang berbahagia.

 

Salam Pramuka!!!

Puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah berkenan melimpahkan Rahmad dan Hidayah-Nya sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini untuk melaksanakan upacara pembukaan Pendidikan Dasar Saka Pariwisata Kwartir Cabang Sleman ke-3 Tahun 2017 pada hari Sabtu, 22 Juli 2017.

Kakak-kakak yang berbahagia,

Perlu kita ketahui bersama, Saka Pariwisata Sleman pada tahun 2017 telah berusia 3 tahun, dengan telah melaksanakan pendidikan dasar bagi anggota saka sebanyak 3 kali sejak tahun 2015. Tahun ini Saka Pariwisata Sleman sedang melaksanakan pelatihan krida sebanyak 23 kali kegiatan di 3 krida yang terdapat di Saka Pariwisata yaitu Pemandu Wisata, Penyuluh Wisata, dan Kuliner Wisata dengan pemateri yang berasal dari ASITA Sleman, HPI Sleman, dan APJI Sleman dengan fasilitasi Dinas Pariwisata Sleman melalui Kampanye Sadar Wisata. Sebagai bentuk pertanggungjawaban, pengujian, dan memberikan penghargaan kepada tamu saka yang telah diterima pada penerimaan anggota baru bulan Maret 2017 maka diperlukan diadakan Pendidikan Dasar.

Pendidikan dasar sebagai wahana memberikan bekal keterampilan dan mengukuhkan tamu saka, dan peserta didik di gugus depan berbasis pendidikan wisata diperlukan sebagai ilmu penunjang bagi wadah pembinaan satuan karya. Pendidikan dasar meliputi materi di dalam kelas dan lapangan yang akan dilaksanakan pada tanggal 22-23 Juli 2017 meliputi materi keterampilan pramuka (sandi, perjalanan, tali-temali, pemetaan, survival, dsb), keterampilan seni budaya (pembuatan video dokumenter dan pentas seni), kedisiplinan, serta kekompakkan.

Kakak-kakak yang berbahagia,

Saka Pariwisata Sleman sebagai salah satu mitra kerja Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman tidak hanya membantu kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh dinas. Akan tetapi, sebagai kader-kader muda dalam membangun pariwisata di Sleman pada masa yang akan datang. Perlu kita ketahui bersama, potensi pariwisata sleman terus berkembang dan menuju arah yang positif dengan sinergi yang baik antara pemerintah, pengembang, dan juga masyarakat. Sikap disiplin, terampil, giat, dan kreatif dalam jiwa Gerakan Pramuka sebagai salah satu motor penggerak dalam membangun kepariwisataan yang terus berkembang tersebut.

Peluncuran branding Sleman The Living Culture, Part of Jogja memberikan semangat baru bagi pembangunan kepariwisataan di Sleman. Sleman berusaha menyuguhkan jati dirinya sebagai daerah dengan nilai budaya dan seni tradisi yang dijaga secara baik dan berkelanjutan. Suguhan tersebut akan dapat dengan mudah disajikan dalam wadah yaitu sektor pariwisata. Sektor pariwisata di Sleman harus mampu menjaga nilai budaya dan seni tradisi yang sesuai dengan dinamika perkembangan zaman sebelum menyajikannya sebagai atraksi yang dijual kepada wisatawan. Oleh karena itu, partisipasi Saka Pariwisata Sleman dalam menyukseskan branding tersebut selalu dinantikan dengan berbagai penyegaran inovasi-inovasi kegiatan yang nyata dalam rangka menjaga  nilai budaya dan seni tradisi yang sesuai dengan dinamika perkembangan zaman dan norma yang berkembang di masyarakat.

Adek-adek peserta Pendidikan Dasar yang kami banggakan,

Yogyakarta telah menetapkan pesan moral tentang pentingnya memelihara keseimbangan alam dan budaya dalam semboyan ”Hamemayu Hayuning Bawana” sebagai visi dengan spirit pembangunan Golong Gilig, Sawiji, Greget, Sengguh, Ora Mingkuh sebagai semangat dan wataking satriya ing Ngayogyakarta Hadiningrat. Semboyan tersebut memiliki makna filosofis yaitu kepemimpinan yang selalu mengupayakan peningkatan kesejahteraan rakyat dan mendorong terciptanya sikap serta perilaku hidup individu yang menekankan keselarasan dan keserasian antara sesama manusia, manusia dengan alam, dan manusia dengan Ilahi dalam menjalani hidup dan kehidupan.

Pesan moral tersebut menjadi salah satu semangat perbaikan bagi kaum muda juga menjadi semangat bagi Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta untuk menyelenggarakan International Scout Camp 2018. Kegiatan ini merupakan kegiatan perkemahan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega (rover scout) seluruh Indonesia dan juga berbagai negara yang menjalin hubungan kerja sama melalui sister city serta beberapa negara di kawasan Asia Tenggara.International Scout Camp 2018 diharapkan dapat memunculkan semangat peradaban baru berdasarkan prinsip luru ilmu dan liru kawruh melalui pendekatan budaya dan pariwisata di Yogyakarta.

Momentum tersebut sebagai ajang Saka Pariwisata Sleman untuk berlatih dan mempraktekkan hasil latihan pada tahun 2017 ini. Oleh karena itu, kami berpesan kepada kakak-kakak untuk tetap menjaga dan meningkatkan semangat belajar pariwisata, bahasa, dan juga manajemen kegiatan sehingga kita mampu seutuhnya menyukseskan kegiatan tersebut.

Kakak-kakak yang berbahagia.

Dengan segala potensi dan kendala yang ada, Semoga Pendidikan Dasar Saka Pariwisata Cabang Sleman ke-3 Tahun 2017 dapat berlangsung dengan lancar dan bermanfaat bagi penguatan dasar-dasar kepariwisataan bagi Saka  Pariwisata Kwartir Cabang Sleman.

 

Demikian sambutan dalam Pendidikan Dasar Saka Pariwisata Cabang Sleman Tahun 2017. .

Salam Pramuka!!

Wassalamu.alaikum Wr. Wb.

 

Sleman, 22 Juli 2017

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman

selaku Ketua Mabisaka Pariwisata Sleman

 

 

 

Dra. Hj. Sudarningsih, M.Si.

 

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of