Destinasi Digital Pasar Banyunibo, Maksimalkan Potensi Alam dan Cagar Budaya

1952
Destinasi Digital Pasar Banyunibo

Kementerian Pariwisata dan Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman pada tahun ini menerapkan program Destinasi Digital, yakni promosi suatu destinasi tempat wisata dengan menggunakan media zaman now, media sosial. Adapun lokasi yang dipilih oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman sebagai pengembangan program Destinasi Digital adalah kompleks Candi Banyunibo.

Sholeh Tri Danardono, Tim Pasar Destinasi Digital Pasar Banyunibo, mengatakan bahwa Destinasi Digital Pasar Banyunibo adalah pilot project dari Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman untk implementasi Program Destinasi Digital. Destinasi Digital Pasar Banyunibo ini dimulai sejak bulan April 2018. Lokasi Candi Banyunibo dipilih dengan pertimbangan potensi cagar budaya, yakni Candi Banyunibo, dan alam pegunungan yang indah yang berada di sekitar Candi Banyunibo.

Sholeh juga mengutarakan bahwa di Destinasi Digital Pasar Banyunibo ini memiliki beberapa konsep. Transaksi barang atau makanan di Destinasi Digital Pasar Banyunibo ini menggunakan koin yang telah disiapkan dan dibeli di kompleks Destinasi Digital Pasar Banyunibo. Selain itu, Sholeh juga mengungkapkan bahwa di Destinasi Digital Pasar Banyunibo ini memiliki kuliner khas, yakni Nasi Telang, Ongol – Ongol Nanas, Minuman Rempah Bunga Telang dan Teh Bunga Telang. Kuliner – kuliner unik ini bisa didapatkan di Destinasi Digital Pasar Banyunibo.

Nasi Telang, Kuliner Khas Pasar Banyunibo (genpijogja.com)

Upaya – upaya terus dilakukan oleh beberapa stakeholder untuk mempromosikan dan mengembangkan Destinasi Digital Pasar Banyunibo ini, mulai dari Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman hingga komunitas GenPI (Generasi Pesona Indonesia). Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman terus mengadakan pendampingan di destinasi digital ini. Untuk kegiatan promosi, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman kerap kali mengadakan event dengan lokasi di Candi Banyunibo, seperti Tour De Merapi 2018 dan Sleman Temple Run 2018. Beberapa waktu yang lalu, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman juga mengajak rekan – rekan dari wartawan media cetak dan elektronik berkunjung ke Destinasi Digital Pasar Banyunibo.

Sholeh sebagai pelaku wisata di Destinasi Digital Pasar Banyunibo berharap destinasi digital ini terus berkembang dari berbagai aspek. Mulai dari atraksi wisata yang menurut rencana akan ditambah seni memandikan sapi, jemparingan dan jip wisata. Dari aspek administrasi yang belum terpenuhi segera terpenuhi. Sehingga Destinasi Digital Pasar Banyunibo mampu meningkatkan sumber daya ekonomi dan kearifan lokal masyarakat sekitar. Untuk potensi dan mengetahui lebih lanjut tentang Pasar Banyunubo, anda bisa mengklik akun instagram @pasarbanyunibo. (*)    

Bagikan Artikel
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

15 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
indriyani
indriyani
1 year ago

Mantapp.

adian
adian
1 year ago

Mantabb dan fotografinya juga oke…

fahrimuhammad
fahrimuhammad
1 year ago

Mantab bosku, terima kasih

penulis lokal
penulis lokal
1 year ago

makin maju pariwisatanya

penulis lokal
penulis lokal
1 year ago

setuju

arie
1 year ago

Menarik ini, meskipun agak bingung juga dengan istilah “Pasar Digital”. Bayangannya lebih pada pembelian software, aplikasi, atau buku digital, namun ternyata lebih dari itu. hehee..
Bagus dan kreatif

streaming bola
1 year ago

mantap kementerian pariwisata

Fitria
1 year ago

aseek 🙂

pijatjogja
pijatjogja
1 year ago

duuh saya belum pernah ke sini nih…

Jelly gamat Terlaris

keren, indah banget

wisata sleman
1 year ago

fotonya bagus gan, pake kamera pa ya…

huruftimbulmurah
huruftimbulmurah
1 year ago

mantap

semua ilmu
1 year ago

mantap banget 😀

tetew
tetew
10 months ago

itu pariwisatanya sangat indah sekali, semoga maju terus

adit
9 months ago

mantaaabbbb