Lomba Sapta Pesona untuk Hotel dan Restoran

0
161
Ilustrasi : http://sangkaicity.blogspot.com/2017/11/pengertian-7-sapta-pesona-wisatawan.html

Masih dalam rangkaian kegiatan memperingati Hari Pariwisata Sedunia yang jatuh pada tanggal 27 September dan sebagai apresiasi terhadap Usaha Jasa Pariwisata yang ada di Kabupaten Sleman, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman akan mengadakan Lomba Sapta Pesona bagi Hotel dan Restoran se-Kabupaten Sleman. Melalui lomba ini, diharapkan prinsip dan norma sapta pesona (aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah tamah, dan kenangan) dapat terpatri dan dijalankan oleh pelaku pariwisata secara konsisten.

Lomba yang baru pertama kalinya dilaksanakan Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman ini direncanakan akan diikuti 10 hotel bintang 4, 10 hotel non bintang, dan 10 restoran. Dasar pemilihan kesepuluh hotel berbintang, hotel non bintang dan restoran itu adalah mengacu pada data pembayar pajak selama tahun 2017 dari BKAD Sleman, dan dokumen perizinan yang dimilikinya. Kepala Seksi Pembinaan Jasa Pariwisata Ali, SE mengungkapkan bahwa dari kesepuluh peserta lomba yang dipilih diatas, akan ditetapkan tiga besar baik untuk hotel bintang 4, hotel non bintang, maupun restoran. Hotel bintang 4 dipilih oleh Dinas Pariwisata mengacu pada kenyataan bahwa sebagian besar hotel yang ada di Kabupaten Sleman adalah hotel bintang 4, lanjutnya.

Lomba ini terutama akan menilai kebersihan public toilet, ruang karyawan dan dapur yang ada di hotel atau restoran yang menjadi peserta lomba. Direncanakan penilaian akan dilakukan oleh juri yang berkompeten di bidangnya. Pelaksanaan penilaian akan dimulai pada awal Oktober 2018, yang selanjutnya hasil penilaian akan diumumkan pada tanggal 19 Oktober 2018 mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Dra. Hj. Sudarningsih, M.Si menyampaikan bahwa kemenangan itu direncanakan dan memerlukan pengorbanan. Agar pariwisata di Kabupaten Sleman bisa lebih baik dan semakin baik, maka merencanakan untuk menang menjadi kewajiban bagi semua pemangku kepentingan, sehingga Sleman bisa menjadi destinasi wisata utama di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Maju terus Pariwisata Sleman!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of