Sosialisasi SK Bupati Nomor 39.3 Tahun 2018 tentang Rute Jeep Wisata

0
64
Suasana Sosialisasi SK Bupati tentang Rute Jeep Wisata

Adanya jaminan keamanan, kenyamanan dan keselamatan dalam berwisata menjadi salah satu alasan wisatawan untuk datang dan kembali ke destinasi wisata yang dikunjunginya. Hal ini menjadi penting, terutama pada destinasi wisata petualangan, seperti volcano tour yang menawarkan sensasi menaiki jeep melintasi kawasan terdampak langsung erupsi Merapi 2010 yang lalu.

Upaya untuk memberikan jaminan keamanan, kenyamanan dan keselamatan kepada wisatawan ini menjadi tugas bersama antara pemerintah dan stakeholder pariwisata yang ada. Salah satunya melalui pengaturan rute jeep wisata di kawasan wisata alam. Melalui pengaturan ini, diharapkan keamanan, kenyamanan, dan keselamatan wisatawan lebih terjamin, sehingga wisatawan akan datang dan datang kembali serta mempromosikannya kepada kerabat, atau teman di daerah/negara asalnya.


Dalam kaitannya dengan hal tersebut di atas, pada Jum’at, 5 Oktober 2018, bertempat di Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman telah dilaksanakan sosialisasi Keputusan Bupati Nomor 39.3 tentang Rute Jeep Wisata di Kawasan Wisata Alam. Sosialisasi yang dihadiri perwakilan komunitas jeep di kawasan wisata alam ini dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Dra. Hj. Sudarningsih, M.Si. Dalam sambutan pembukaannya, disampaikan bahwa upaya meningkatkan kualitas atraksi yang ada di destinasi wisata akan terus dilakukan sehingga kunjungan wisata ke Kabupaten Sleman dapat ditingkatkan. Dengan peningkatan kunjungan wisatawan, maka pendapatan masyarakat diharapkan dapat meningkat, sehingga kesejahteraan masyarakat pun menjadi lebih baik.

Menjadi pemapar dalam kegiatan sosialisasi adalah dari Dinas Perhubungan Kabupaten Sleman, Inspektorat Kabupaten Sleman, Polres Sleman, dan tentunya dari Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman. Inspektur Inspektorat Kabupaten Sleman, Drs, Budiharjo, M.Si, memaparkan secara gamblang SK Bupati terkait Rute Jeep Wisata di Kawasan Wisata. Selanjutnya Dinas Perhubungan yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Perhubungan, Ir. Mursid Kunjana, MT menyampaikan program yang akan dilaksanakan terkait keluarnya Keputusan Bupati ini. Polres Sleman, selanjutnya memberikan informasi terkait safety riding bagi para pengemudi, sehingga dapat meningkatkan kenyamanan dan keselamatan wisatawan dalam menikmati atraksi jeep wisata di kawasan wisata alam.

Kegiatan sosialiasi ini tentunya tidak akan berakhir pada hari ini saja. Dan akan terus disosialisasikan kepada penyedia jasa jeep wisata, sehingga wisatawan akan menjadikan jeep wisata di Kabupaten Sleman sebagai destinasi utama mereka ketika berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta.(*)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of