Tumpah Ruah Masyarakat Sleman di Pelangi Budaya Bumi Merapi 2018

0
97
Wakil Bupati Sleman Melepas Peserta Pawai Pelangi Budaya Bumi Merapi 2018

Hari minggu kedua di bulan Oktober 2018, masyarakat Sleman menyemut di jalanan di pusat Kabupaten Sleman untuk menyaksikan pawai yang merupakan bagian dari acara Pelangi Budaya Bumi Merapi 2018. Sepanjang jalan mulai dari lapangan Denggung hingga lapangan Pemda Sleman masyarakat disuguhi pawai atraksi seni dan budaya dari berbagai elemen masyarakat di Kabupaten Sleman.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Dra.Hj. Sudarningsih, M.Si. dalam sambutannya menyampaikan bahwa gelaran Pelangi Budaya Bumi Merapi 2018 adalah gelaran ketujuh kalinya sejak 2009 dalam rangka memperingati hari pariwisata internasional dan hari batik nasional. Acara yang diselenggarakan pada tanggal 13 s.d. 14 Oktober 2018 ini mengambil tema keberagaman dalam kebersamaan. Selain kegiatan pawai, pada malam harinya tanggal 13 Oktober 2018 juga diadakan atraksi seni dan budaya mulai dari jathilan, barongsai dan atraksi budaya lainnya. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman juga menyampaikan terima kasih kepada mitra kerja yang turut berpartisipasi dalam penyelenggaraan acara ini.

Kegiatan pawai Pelangi Budaya Bumi Merapi 2018 ini dibuka oleh Wakil Bupati Sleman, dr.Hj. Sri Muslimatun, M.Kes dengan mengibarkan bendera di atas panggung. Dalam sambutannya, wakil bupati menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan acara ini. Wakil bupati juga bersyukur atas berbagai pencapaian Dinas Pariwisata seperti tujuh juta kunjungan wisatawan sepanjang 2017 dan penghargaan gold bidang pariwisata Indonesia’s Atractiveness Award 2018 yang semuanya didapatkan karena kerja keras, kerja ikhlas dan kerja cerdas dari Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman. Sebagai penutup, Wakil bupati juga mengajak untuk bahu membahu membangun Sleman yang berbudaya, sehingga kunjungan wisatawan diharapkan dapat meningkat.

Kegiatan pawai Pelangi Budaya Bumi Merapi 2018 adalah kegiatan yang mampu menarik masyarakat. 49 peserta mengikuti pawai ini dengan start di Lapangan Tridadi Sleman, display di Lapangan Denggung, melalui Jl. Magelang hingga finish di lapangan Pemda.  Berbagai elemen masyarakat di Kabupaten Sleman seperti paskibraka, Dimas Diajeng, sekolah-sekolah, perguruan tinggi, desa wisata, destinasi wisata, kelompok seni, sanggar seni dan mahasiswa menunjukkan potensi yang dimiliki di depan dewan juri dan masyarakat dengan memperebutkan hadiah senilai 26 juta rupiah. Para pembaca dapat menyaksikan cuplikan penampilan peserta melalui instastory album dengan judul “PB MERAPI 2018” di akun instagram @wisatasleman.(*)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of