Festival Desa Wisata 2018, Memicu Desa Wisata Menjadi Lebih Baik

1
142

Untuk mempercepat kemajuan di sektor pariwisata baik di Sleman maupun tingkat nasional, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman mengadakan Festival Desa Wisata 2018 tingkat kabupaten. Peserta Festival Desa Wisata 2018 terdiri atas desa-desa wisata yang ada di Kabupaten Sleman. Puncak acara Festival Desa Wisata sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 18 November 2018 di Kampoeng Sedjarah Kelor.

Festival Desa Wisata 2018 adalah agenda Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman untuk mengintensifkan sadar wisata dan diarahkan kepada tujuan yang lebih nyata, yakni untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pada acara ini juga akan diberikan berbagai apresiasi kepada desa wisata yang dianggap terbaik dalam melaksanakan fungsinya. Selain itu, acara ini juga diharapkan menjadi pemicu desa wisata untuk secara aktif melaksanakan fungsinya sebagai pendorong masyarakat dalam memantapkan sadar wisata dan sapta pesona.

31 desa wisata di Sleman turut ambil bagian dalam Festival Desa Wisata 2018 yang diklasifikasi menjadi 22 desa wisata tumbuh dan berkembang dan 9 desa wisata mandiri. Desa wisata dinilai oleh tim juri dari 10 Oktober 2018 s.d. 10 November 2018 dan akan disaring menjadi 24 nominator yang akan tampil pada Grand Final tanggal 18 November 2018. Para nominator terdiri dari 7 desa wisata kategori tumbuh, 8 desa wisata kategori berkembang dan 9 desa wisata kategori mandiri dan akan memperebutkan dana pembinaan dengan total puluhan juta rupiah.

Tim juri Festival Desa Wisata 2018 adalah para profesional yang cukup berkompeten di bidangnya. Adapun untuk susunan tim juri adalah sebagai berikut:

  • Akademisi diwakili oleh Bapak Destha Titi Raharjan dari Pusat Studi Pariwisata UGM.
  • DPD HPI diwakili oleh Bapak Sarwoto selaku Ketua HPI.
  • Media Massa diwakili oleh Bapak Octo Lampito selaku Pimpinan Redaksi Kedaulatan Rakyat.
  • Penggiat Budaya diwakili oleh Bapak Hairus Salim dari Like Indonesia.
  • Konsultan entrepreneur diwakili oleh Bapak Bio Hadikesuma dari Rumah Kreatif Jogja.

Festival Desa Wisata 2018 diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat sebagai tuan rumah yang baik bagi wisatawan. Selain itu, desa wisata diharapkan mampu mewujudkan sapta pesona wisata di wilayahnya menjadi lebih baik. Sehingga kunjungan wisatawan ke desa wisata menjadi meningkat dan masyarakat merasakan dampak positif dari kunjungan wisatawan. (*)

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
1 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
TourJogja75 Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
TourJogja75
Guest

Mohon pemerintah banyak memberikan bekal bahasa asing untuk pengelola desa wisata, dikarenakan banyak pengelola yg tidak siap apabila desa mereka kedatangan tamu dari mancanegara.