Kerja Sama Peningkatan Kualitas SDM Pelaku Pariwisata di Sleman

0
50
Penandatanganan MoU Antara Dinas Pariwisata Sleman dan LSP

Sumber Daya Manusia (SDM ) bidang pariwisata mengalami berbagai permasalahan. Diantaranya adalah permasalahan pelatihan SDM yang baru pada tahap peningkatan pengetahuan dan keterampilan. Padahal dunia usaha bidang pariwisata lebih melihat sertifikasi kompetensi yang dimiliki oleh SDM pelaku bidang pariwisata sebagai bukti dimilikinya suatu kompetensi. Selain itu, alokasi anggaran uji kompetensi dari Kementerian Pariwisata langsung ditujukan kepada LSP (Lembaga Setifikasi Pariwisata) tanpa melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman. Anggaran yang dialokasikan tersebut terkadang tidak dapat terserap sepenuhnya oleh LSP dikarenakan akses kepada SDM pelaku pariwisata yang kurang begitu kuat.

Atas dasar itulah Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman menguatkan sinergi kerjasama dengan beberapa lembaga sertifikasi pariwisata. Adapun lembaga sertifikasi pariwisata yang diajak bekerja sama adalah sebagai berikut :

  • LSP DIY, berupa fasilitasi uji kompetensi dari Kementerian Pariwisata.
  • LSP Parsi, berupa fasilitasi uji kompetensi dari Kementerian Ketenagakerjaan.

Penandatangan MoU dilakukan antara Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Dra. Hj. Sudarningsih, M.Si. dengan LSP yang terlibat pada 23 November 2018. Selanjutnya, berbagai pelatihan akan dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman. LSP yang terlibat dalam kerjasama ini juga akan terlibat dalam pelatihan sekaligus melakukan uji kompetensi terhadap SDM pelaku pariwisata.

Kerja sama antara Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman dengan beberapa LSP ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas pelayanan pariwisata di Kabupaten Sleman. Kerja sama ini diharapkan mampu menghasilkan semakin banyak SDM pelaku pariwisata yang berkualitas dan tersertifikasi di Kabupaten Sleman. Nilai jual dari SDM pelaku pariwisata yang memiliki sertifikasi kompetensi diharapkan menjadi lebih tinggi setelah diadakan kerja sama ini, sehingga kesejahteraan masyarakat semakin meningkat.(*)  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of