FGD Terkait Pendataan Klasifikasi Desa Wisata 2018

0
423

Dalam rangka kegiatan pengklasifikasian desa-desa wisata di Kabupaten Sleman 2018, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman mengadakan Focus Group Discussion (FGD). Kegiatan ini diadakan pada tanggal 6 Desember 2018 di Bale Ayu Jl. Magelang, Sleman. Kegiatan ini juga diikuti oleh Forum Komunikasi Desa Wisata dan perwakilan dari beberapa desa wisata di Kabupaten Sleman dengan narasumber Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Dra.H. Sudarningsih, M.Si, dan pakar pariwisata Ike Jenita Dewi.

Acara Focus Group Discussion ini membahas tentang hasil pendataan klasifikasi desa wisata yang dilakukan selama bulan November 2018. Adapun pendataan klasifikasi desa wisata tersebut dilakukan oleh tim STORM. Sepanjang pelaksanaan acara ini, berbagai masukan terkait hasil pendataan desa-desa wisata di Kabupaten Sleman dihimpun demi kemajuan desa-desa wisata di Kabupaten Sleman.

Selama pelaksanaan kegiatan, tim STORM memaparkan hasil pendataan klasifikasi terhadap 65 desa wisata di Kabupaten Sleman. Dari hasil pendataan tersebut terdapat desa-desa wisata yang telah mengalami perubahan peringkat. Desa wisata yang mengalami kenaikan peringkat telah mengalami beberapa perubahan, seperti desa wisata yang peringkatnya tumbuh menjadi berkembang, berkembang kemudian menjadi mandiri dan desa wisata rintisan menjadi desa wisata tumbuh/berkembang. Namun, beberapa desa wisata juga mengalami penurunan peringkat yang disebabkan oleh faktor kelembagaan yang vakum dan kunjungan desa wisata yang menurun drastis.

Kegiatan FGD ini akan berlanjut di FGD yang akan dilaksanakan pada pekan kedua Desember 2018. Pada FGD tersebut, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman akan menghimpun masukan dari stake holder lain dan pengguna/konsumen desa wisata/pariwisata sleman.(*)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of