Dimas Diajeng Cilik Sleman, Satu-satunya Dimas Diajeng Cilik di DIY

0
161
Para Peserta dan Juri Dimas Diajeng Cilik Sleman 2019

Untuk ketiga kalinya, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman menyelenggarakan ajang Pemilihan Dimas Diajeng Cilik. Malam final Pemilihan Dimas Diajeng Cilik Sleman 2019 diselenggarakan pada tanggal 26 April 2019 di Sleman City Hall.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Dra. Hj. Sudarningsih, M.Si, dalam sambutannya menyatakan bahwa Pemilihan Dimas Diajeng Cilik Sleman adalah ajang Dimas Diajeng untuk anak satu-satunya di DIY bahkan Indonesia. Ajang yang diselenggarakan sejak 2015 ini diselenggarakan setiap dua tahun sekali. Menurut Sudarningsih, Pemilihan Dimas Diajeng Cilik Sleman 2019 diselenggarakan dengan tujuan mengenalkan dunia pariwisata dan budaya sejak usia dini. Selain itu, ajang ini diharapkan mampu menghasilkan generasi yang cinta tanah air, pariwisata dan budaya.

Acara malam final Pemilihan Dimas Diajeng Cilik Sleman 2019 juga dihadiri oleh Bupati Sleman, Drs. H. Sri PUrnomo, M.S.I. Dalam sambutannya, Bupati menyambut baik ajang Pemilihan Dimas Diajeng Cilik Kabupaten Sleman dan menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap Dinas Pariwisata atas terselenggaranya ajang ini. Selain itu, Bupati Sleman juga berharap para Dimas Diajeng baik cilik maupun dewasa untuk terus mengasah pengetahuan terkait pariwisata dan budaya di Kabupaten Sleman supaya mereka mampu menjelaskan kepada masyarakat betapa pentingnya dan nikmatnya berkunjung di Kabupaten Sleman.

Sebanyak 150 peserta mengikuti ajang Pemilihan Dimas Diajeng Cilik pada penyelenggaraan tahun 2019. Para peserta adalah anak-anak sekolah kelas 3 hingga 5 SD, bahkan ada peserta berusia tujuh tahun. Para peserta diseleksi dalam berbagai tes hingga terpilih 30 finalis.

Arkana (Kiri) dan Citra (Kanan), Dimas dan Diajeng Cilik Sleman 2019

Ketiga puluh finalis mengikuti berbagai materi mulai dari public speaking, kepariwisataan, kebudayaan dan bahasa asing. Selain itu, mereka juga diperkenalkan dengan berbagai profesi dengan kunjungan ke berbagai instansi seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Polres Sleman dan Rumah Sakit Jogja International Hospital (JIH). Tak lupa sebagai duta wisata, mereka juga diajak mengunjungi berbagai obyek wisata dan Desa Wisata seperti Monumen Jogja Kembali, Desa Wisata Garongan dan Desa Wisata Temon.

Pada malam final terpilihlah Arkana Danendra S. sebagai Dimas Cilik Sleman 2019 dan Citra Andisha Putri sebagai Diajeng Cilik Sleman 2019. Ajang Pemilihan Dimas Diajeng Cilik Sleman selanjutnya akan diselenggarakan pada tahun 2021.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of