8 Destinasi Wisata di Sleman Masuk Nominasi Kompetisi ISTA Kemenpar 2019

0
263

8 Destinasi wisata di Kabupaten Sleman masuk nominasi Kompetisi Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) 2019. Adapun sebagian besar destinasi wisata yang menjadi nominasi adalah desa wisata.

Nyoman Rai Savitri, Kepala Bidang SDM Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, menyatakan bahwa Lomba ISTA ini adalah inisiatif dari Kementerian Pariwisata dalam rangka penerapan Sustainable Tourism Development. Diharapkan destinasi wisata yang mengikuti kompetisi ini akan mendapatkan pembelajaran dan masukan-masukan untuk melengkapi kekurangan-kekurangan yang ada supaya destinasi wisata tersebut menjadi lebih maju dan kuat.

Kompetisi ISTA 2019 diikuti oleh sekitar 263 peserta yang selanjutnya menjalani proses seleksi administrasi hingga terpilih 37 peserta yang masuk nominasi. Dari 37 peserta yang menjadi nominasi untuk dilakukan visitasi oleh tim penilai dari Kementerian Pariwisata di Bulan Juli dan September 2019 ini, untuk kemudian terpilih 17 pemenang.

Dari 37 peserta yang menjalani proses visitasi tersebut, delapan diantaranya terdapat di Kabupaten Sleman. Destinasi wisata tersebut antara lain Desa Wisata Grogol, Desa Wisata Pulesari, Desa Wisata Garongan, Desa Wisata Blue Lagoon, Desa Wisata Gamplong, Desa Wisata Pulewulung, Kampung Flory dan Taman Tebing Breksi.

Kepala Bidang SDM Dinas Pariwisata Sleman juga berharap destinasi wisata yang megikuti kompetisi ini akan menjadi lebih dikenal oleh masyarakat. Selain itu, destinasi wisata tersebut akan memiliki tambahan pengalaman dalam mengikuti kompetisi ataupun penjurian.(*)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of