Jelajah Wisata 2019, Rasakan Dingin dan Sejuknya Lereng Merapi

0
99
Kemeriahan Jelajah Wisata 2019

Event sport tourism unggulan di Sleman, Jelajah Wisata, kembali diadakan di tahun 2019 ini. Event Jelajah Wisata 2019 diadakan pada hari Minggu 25 Agustus 2019 dengan mengambil start dan finish di Bumi Perkemahan Bumi Merapi, Tunggularum, Wonokerto, Turi, Sleman. Event ini telah diselenggarakan lebih dari sepuluh kali dan diselenggarakan setiap dua tahun.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Dra.Hj. Sudarningsih, M.Si. dalam sambutannya menyampaikan jika Jelajah Wisata 2019 diikuti sebanyak 1.000 peserta. Tema yang diambil dari Jelajah Wisata 2019 adalah “Ngadem Sik” dengan mempertimbangkan hawa dingin di lokasi penyelenggaraan acara. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah mensukseskan Jelajah Wisata 2019. Kepala Dinas Pariwisata juga menjanjikan Jelajah Wisata akan diselenggarakan kembali tahun 2020.

Peserta Jelajah Wisata 2019 dilepas oleh Wakil Bupati Sleman, Dra.Hj. Sri Muslimatun, M. Kes, dengan pengibasan bendera start. Sebelum melepas para peserta, Wakil Bupati Sleman membacakan sambutan dari Bupati Sleman, Drs.H. Sri Purnomo, M.Si., yang tidak dapat menghadiri acara. Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan jika event Jelajah Wisata rutin diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Sleman dengan tujuan mengenalkan berbagai destinasi wisata di Kabupaten Sleman sebagai upaya mendekatkan pengunjung dengan berbagai pesona obyek wisata Sleman. Desa Wisata Tunggularum sengaja dipilih sebagai lokasi pelaksanaan acara karena disana peserta akan disuguhi pemandangan lereng Merapi yang asri, udara yang sejuk bebas polusi serta kehidupan masyarakat Jawa yang menarik bagi wisatawan. Bupati berharap para peserta setelah mengikuti acara ini bisa mempromosikan keindahan Sleman kepada saudara sehingga mampu meningkatkan kunjungan wisatawan di Sleman.

1.000 peserta Jelajah Wisata 2019 diajak treeking berkeliling kawasan lereng Merapi sejauh 7 km. Berbagai spot dilintasi oleh peserta seperti lapangan Merti Bumi, pertigaan Ngepal, bunker, termasuk napak tilas Kapten Hariyadi. Sepanjang perjalanan, peserta diminta untuk membubuhkan stempel di setiap posnya, menjawab kuis berhadiah dan memberikan dukungan SMS kepada Kampung Flory yang sedang mengikuti kompetisi Anugerah Pesona Indonesia 2019. Tak lupa peserta memanfaatkan beberapa spot untuk berfoto seperti di Bunker Desa Tunggularum.

Di lokasi finish, peserta disuguhi berbagai hiburan, games berhadiah dan doorprize yang disediakan oleh panitia. Bahkan seekor kambing diajak oleh pemiliknya untuk larut dalam kemeriahan Jelajah Wisata 2019. Berbagai hadiah doorprize mulai dari dua unit sepeda motor, sepeda, LED TV dan hadiah lainnya diundi untuk para peserta. Adapun yang beruntung memperoleh hadiah sepeda motor adalah Wahid dari Ngepring, Purwobinangun, Pakem dan Kustiyanti dari Jaten, Sendangadi, Mlati.(*)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of