Sleman Fashion Festival 2019, Angkat Batik Parijotho dan Lurik Gamplong ke Dunia Mode

0
102
Bupati Sleman memukul gong pembuka Sleman Fashion Festival 2019

Event mode unggulan di Sleman, Sleman Fashion Festival, kembali diadakan di tahun 2019 ini. Event ini diselenggarakan pada tanggal 30 s.d. 31 Agustus 2019 dan 8 September 2019. Penyelenggaraan acara Sleman Fashion Festival 2019 dipusatkan di Sleman City Hall. Sleman Fashion Festival 2019 adalah salah satu rangkaian Sleman Fair yang dimulai sejak bulan Juli hingga Oktober 2019.

Tema Sleman Fashion Festival 2019 adalah “When Ethnic Meet Glam“. Kepala Dinas Pariwisata Sleman, Dra.Hj. Sudarningsih, M.Si., dalam sambutannya menyampaikan jika Sleman Fashion Festival 2019 mengangkat Lurik Tenun Gamplong yang dipadupadankan dengan Batik Sinom Parijotho Salak menjadi desain busana yang glamorous. Event Sleman Fashion Festival merupakan salah satu upaya untuk lebih mengangkat Batik Sinom Parijotho Salak dan Lurik Sleman dalam dunia fashion secara berkesinambungan dan membuktikan produk lokal Sleman itu mampu bersaing di pasaran. Tak lupa Kepala Dinas Kabupaten Sleman juga menyampaikan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu penyelenggaraan Sleman Fashion Festival 2019 seperti Sleman City Hall, Plawang Community, sponsor dan pihak-pihak lainnya.

Sleman Fashion Festival 2019 dibuka oleh Bupati Sleman, Drs.H. Sri Purnomo, M.Si., dengan pemukulan gong. Bupati Sleman dalam sambutannya menyampaikan bahwa upaya pengembangan kreativitas dari pelaku fashion butuh dukungan dari berbagai pihak, termasuk dari pemerintah sebagai pemangku kebijakan. Upaya pelaku fashion secara tidak langsung dapat mempromosikan potensi wisata dan produk-produk ekonomi kreatif di Kabupaten Sleman. Bupati juga menyampaikan jika Sleman Fashion Festival merupakan salah satu wujud pengembangan dan dukungan fasilitasi dari Pemkab Sleman terhadap pengembangan fashion, desain dan produk batik lokal, lurik dan produk kreatif lainnya di Kabupaten Sleman.

Pada Sleman Fashion Festival 2019 ini juga dikukuhkan pengurus Komite Ekonomi Kreatif Kabupaten Sleman yang dilantik oleh Bupati Sleman. Adapun struktur kepengurusan Komite Ekonomi Kreatif Kabupaten Sleman terdiri atas perangkat daerah, akademisi, pelaku ekonomi kreatif, praktisi event dan media. Komite ini diharapkan mampu mengembangkan 16 sub sektor ekonomi kreatif dan mampu meningkatkan perekonomian pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Sleman. Pada tanggal 2 s.d. 7 September 2019 ini Komite Ekonomi Kreatif Kabupaten Sleman akan mengikuti ICCF di Ternate dan studi komparasi ke kota kreatif di Indonesia.

Berbagai kegiatan diadakan di Sleman Fashion Festival 2019 seperti seminar, workshop dan lomba-lomba. Berbagai acara seminar dan workshop diadakan seperti Seminar Millenary dengan pembicara Bpk. Goet Poespo, Seminar Motivasi dengan pembicara Motivator Nasional Andrie Wongso, Workshop Self Make Up dan Workshop Modest Fashion Hijab. Aneka lomba yang mendukung pengembangan ekonomi kreatif juga diadakan di event ini seperti menggambar, mewarnai, yel-yel, modeling anak, rancang busana, fashion casual dan desain aksesoris. Adapun total hadiah yang diperebutkan dalam lomba-lomba tersebut sebesar 33 juta rupiah.

Fashion Show dihelat pada malam harinya dengan menampilkan karya kreatif desainer-desainer dari DIY dan sekitarnya. 50 model profesional dan 40 peraga dari kalangan perangkat daerah, BUMD, forkopimda dan militer turut berpartisipasi dalam Fashion Show Sleman Fashion Festival 2019. Berbagai keseruan dari event Sleman Fashion Festival 2019 dapat warganet saksikan di IG Story “SFF 2019” akun Instagram @wisatasleman.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of