Pelangi Budaya Bumi Merapi 2019, Suguhan Seni dan Budaya untuk Masyarakat

0
82
Bupati Sleman Buka Pelangi Budaya Bumi Merapi 2019

Dalam rangka Hari Pariwisata Internasional dan Hari Batik Nasional, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman kembali mengadakan event Pelangi Budaya Bumi Merapi di tahun 2019 ini. Event yang diadakan untuk yang ketujuh kalinya ini diselenggarakan pada tanggal 19 s.d. 20 Oktober 2019 dengan mengambil lokasi di kompleks Pemda Sleman. Tema dari event ini adalah “Ning Nong Ning Gung”.

Kepala Dinas Pariwisata, Dra.Hj. Sudarningsih, M.Si., menyampaikan jika penyelenggaraan event ini merupakan implementasi dari tagline Kabupaten Sleman , The Living Culture, dimana masyarakat Sleman tetap melestarikan budayanya sendiri namun tetap dinamis menerima budaya dari daerah lain. Sebagai bukti, beberapa perkumpulan mahasiswa luar daerah turut berpartisipasi dalam event ini. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman berharap pada pelaksanaan tahun berikutnya akan diikuti oleh lebih banyak masyarakat yang ingin berpartisipasi.

Pelangi Budaya Bumi Merapi 2019 ini dibuka oleh Bupati Sleman, Drs.H. Sri Purnomo M.Si., pada 20 Oktober 2019 di Lapangan Pemda Sleman dengan pengibasan bendera. Dalam sambutannya, Bupati Sleman berharap event Pelangi Budaya Bumi Merapi ini dapat menyokong para wisatawan untuk datang ke Kabupaten Sleman sejalan dengan target Pemerintah Kabupaten Sleman yakni 10 juta kunjungan wisatawan di Kabupaten Sleman pada tahun 2019.

Pelangi Budaya Bumi Merapi 2019 adalah event pariwisata di Kabupaten Sleman yang menampilkan kreasi seni, budaya dan pariwisata dalam dua hari. Aneka kesenian tersebut ditampilkan melalui pertunjukan seni budaya di atas panggung dan melalui pawai budaya.

Pada pawai budaya yang diselenggarakan pada hari kedua, seluruh potensi ragam seni dan budaya di Kabupaten Sleman ditampilkan kepada masyarakat Kabupaten Sleman yang menunggu di pinggiran jalan Kompleks Pemkab Sleman. Berbagai elemen seperti perguruan tinggi, perkumpulan mahasiswa daerah, desa wisata, sanggar seni, sekolah, destinasi wisata dan lain-lain turut ambil bagian dalam pawai budaya ini. Adapun untuk para pemenang pawai budaya adalah sebagai berikut:

– Juara Favorit Desa Wisata : Desa Wisata Pulesari
– Juara Favorit Kelompok Mahasiswa : Ikatan Mahasiswa Sumatera Utara
– Juara Favorit Non Desa Wisata dan Non Kelompok Mahasiswa : University Hotel berkolaborasi dengan SMK Dirgantara
– Harapan 3 : Rawikara Fashion dari Gunung Kidul
– Harapan 2 : Jogja Exotariun
– Harapan 1 : Rancang Kusumo Gamping
– Juara 3 : TWC Prambanan
– Juara 2 : Sanggar Putri Sigrak
– Juara 1 : Paguyuban Sendang Mataram

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of