Ketika Kesenian Tradisional Pecahkan Dua Rekor Dunia

181
Bupati Sleman, Kadispar Sleman dan Kepala BPPS Sleman berfoto dengan Rekor MURI dan Para Pementas FRagmen Wanara

Dalam rangka mendukung Jogja Heboh 2020 yang digagas oleh KADIN DIY, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman menyelenggarakan Festival Kesenian Sleman. Event ini dihelat pada tanggal 06 s.d. 08 Maret 2020 di Wisdom Park UGM dan di Tlogoputri Kaliurang dengan mengambil tema Sleman Gumnyak.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Dra. Hj. Sudarningsih, M.Si., menyampaikan acara Festival Kesenian Sleman diselenggarakan pada saat kunjungan wisatawan sedang turun (low season) dan bekerja sama dengan berbagai stakeholder pariwisata beserta beberapa OPD di Kabupaten Sleman. Kepala Dinas juga menyampaikan jika selama tiga hari, pengunjung disuguhi aneka kesenian, UMKM, festival kuliner, lomba foto dan pemecahan dua rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Festival Kesenian Sleman 2020 juga menjadi panggung bagi kesenian tradisional untuk memecahkan beberapa rekor dunia. Rekor pertama adalah pementasan fragmen wanara turun gunung dengan pemain terbanyak di dunia (309 pemain). Sedangkan rekor kedua adalah pentas estafet jathilan terlama di dunia berdurasi 56 jam. Rekor pentas jathilan terlama ini menumbangkan rekor lama dari Pemkab Temanggung atas pentas jaran kepang berdurasi 48 jam yang diselenggakan 23 s.d. 25 November 2018.

Berbagai acara pendukung diselenggarakan menyambut Festival Kesenian Sleman 2020 seperti lomba memasak dan lomba foto. Lomba memasak diikuti oleh 29 peserta dari DIY dan sekitarnya dengan memperebutkan hadiah total 33 juta rupiah. Para peserta diminta untuk membuat hidangan dengan bahan dasar kedelai jumbo. Pada lomba ini terpilih Ulfa Nurmala sebagai juara pertama dan berhak atas hadiah 8 juta rupiah dipotong pajak.

Selain lomba memasak, panitia Festival Kesenian Sleman juga menyelenggarakan lomba foto dengan lokasi di Wisdom Park UGM. Selama penyelenggaraan acara, para fotografer mencoba untuk mencari momen terbaik untuk diabadikan dalam kamera lensa. Beberapa jepretan terbaik akan dipilih oleh tim juri dan berhak atas hadiah total 6 juta rupiah yang akan diumumkan dalam waktu dekat ini.

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of