Menparekraf Kunjungi Desa Wisata Pentingsari

26
Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uni, Kunjungi Desa Wisata Pentingsari

Menparekraf Kunjungi Desa Wisata Pentingsari

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, pada Sabtu 5 Juni 2021 kunjungi Desa Wisata Pentingsari Kalurahan Umbulharjo Kapanewon Cangkringan. Kunjungan Menparekraf didampingi oleh Bupati Sleman, Dra.Hj. Kustini Sri Purnomo, Plt. Kepala Dinas Pariwisata Sleman, Dr. Suci Iriani Sinuraya, M.Si., M.M., Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo dan Dinas Pariwisata lain di DIY. Kunjungan Menparekraf juga semakin meriah karena didampingi oleh presenter ibukota Ayu Dewi dan psikolog milenial Analisa Widyaningrum.

Kunjungan Menparekraf bertujuan untuk melihat langsung potensi wisata serta pengelolaan yang ada di Desa Wisata Pentingsari serta sosialisasi ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021. Kunjungan ini adalah tindak lanjut dari Desa Wisata Pentingsari yang pada awal bulan Maret 2021 lalu masuk dalam deretan Desa Wisata Berkelanjutan tahun 2020 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Menparekraf turut mengapresiasi Desa Wisata Pentingsari yang mampu tumbuh dan berkembang selama 15 tahun. Menurutnya, hal ini karena Desa Wisata Pentingsari memiliki komitmen serta pengelolaan baik, sehingga desa wisata ini mampu bertahan dan bisa jadi inspirasi untuk desa-desa wisata lainnya.

Desa Wisata Pentingsari adalah salah satu desa wisata unggulan di Kabupaten Sleman. Potensi alam yang asri berpadu dengan inisiatif warga untuk menghadirkan pengalaman wisata yang beragam. Wisatawan dapat merasakan pengalaman tinggal di homestay dengan orang tua asuh yang ramah. Pengunjung akan merasakan berbagai pengalaman seperti bermain gamelan, membuat batik, membuat wayang suket, menikmati kopi serta coklat Merapi dan berbagai pengalaman seru lainnya.

Selain itu, Menparekraf juga mensosialisasikan ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. ADWI 2021 adalah kegiatan yang diharapkan mampu membangkitkan sektor pariwisata di Indonesia yang mengalami guncangan pada masa pandemi. ADWI 2021 diharapkan mampu menampilkan Desa Wisata yang memiliki berbagai potensi untuk turut menjadi pesertanya. Tujuh kategori dipertandingkan dalam ADWI 2021 yaitu CHSE, Desa Digital, souvenir(kuliner, fesyen, kriya), daya tarik wisata (alam, budaya, buatan), konten kreatif, penginapan atau homestay dan kamar kecil (toilet). Hadiah miliaran menanti desa wisata terpilih di ajang ini.(*)

Bagikan Artikel
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments