Peringatan World CleanUp Day 2018

0
149
Suasana Kegiatan World CleanUp Day 2018 di Lava Bantal

Peringatan World CleanUp Day pada Sabtu, 15 September 2018 di Kabupaten Sleman dipusatkan di destinasi wisata Lava Bantal. Event internasional yang diselenggarakan di kurang lebih 150 negara ini merupakan kegiatan tahunan yang melibatkan seluruh masyarakat.

 

Tema peringatan World CleanUp Day di DIY pada tahun ini mengambil tema Yogyakarta Bebas Sampah Untuk Indonesia. Dalam sambutan pembukaan kegiatan ini, Bupati Sleman yang diwakili oleh Wakil Bupati Sleman, Dra. Hj. Sri Muslimatun, M.Kes. menyampaikan apresiasi pada penyelenggaraan WCD yang diselenggarakan di Lava Bantal. Apalagi saat ini Lava Bantal saat ini sedang dipromosikan sebagai tujuan wisata baru terpopuler melalui Anugerah Pesona Indonesia 2018. Diharapkan Lava Bantal bisa menjadi sepopuler Tebing Breksi.

Bersih itu sehat dan penting, lanjut Dra. Hj. Sri Muslimatun, M.Kes. Oleh karena itu, lingkungan yang bersih, pastinya akan meningkatkan kesehatan masyarakat sekitar. Melalui lingkungan yang bersih pula, akan meningkatkan daya tarik destinasi. Pada akhirnya, kunjungan wisatawan akan meningkat dan perekonomian warga pun akan turut meningkat.

  

Kegiatan WCD kali ini diikuti oleh banyak komponen masyarakat, seperti Dinas Pariwisata, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kesehatan, Camat dan Forkopinda Kecamatan Berbah, Saka Pariwisata Sleman, TNI, Forum Komunikasi Lingkungan Hidup Berbah, Forkom Deswita Sleman, Formekers, BPPS, UIN Sunan Kalijaga, STP AMPTA, UGM, dan warga tiga desa di sekitar Lava Bantal.

Rangkaian WCD dimulai dengan penyerahan secara simbolis peralatan kwbersihan kepada Camat Berbah, perakilan dari FKLH Berbah, dan Saka Pariwisata Kabupaten Sleman. Selanjutnya, seluruh peserta disebar di sekitar Lava Bantal untuk membersihkan sampah anorganik yang ada.(*)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of