Forkom Desa Wisata Angkat Kampanye Sadar Wisata

0
114
Aktivitas di Desa Wisata Grogol (instagram.com/dewata_grogol)

Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman pada tanggal 26 September 2018 akan mengadakan acara forum komunikasi (forkom) desa wisata. Acara ini merupakan salah satu dari rangkaian acara forum komunikasi desa wisata yang pada tahun 2018 diadakan sebanyak 10 kali. Acara forum komunikasi desa wisata ini akan diselenggarakan di Bulak Salak, Wukirsari, Cangkringan, Sleman.

Nyoman Rai Savitri, Kepala Bidang SDM Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman mengatakan bahwa forkom desa wisata adalah wahana untuk saling bertukar informasi tentang perkembangan dan  permasalahan di desa wisata masing – masing yang kemudian bisa dijadikan sebagai ajang untuk belajar bersama. Forkom Desa Wisata juga dijadikan sebagai sarana untuk pengayaan ilmu atau informasi baru terkait pariwisata ataupun hal yang lain, belaja berorganisasi dan ajang silaturahmi antar desa wisata di Sleman.

Pelaksanaan forkom desa wisata dilaksanakan di desa wisata secara bergantian dengan tujuan setiap desa wisata lebih mengenal desa wisata yang lain, termasuk kelebihan dan kekurangannya. Sehingga dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi bagi anggota yang mengikuti ataupun bagi desa wisata yang menjadi tuan rumah acara forkom.

Acara forkom desa wisata ini juga dijadikan sebagai ajang bagi bidang SDM dan usaha pariwisata untuk memetakan kebutuhan pembinaan maupun penguatan kompetensi di desa wisata. Penguatan kompetensi ini dapat dilakukan antara lain dengan format kampanye sadar wisata. Acara forkom juga dijadikan sarana untuk meng-update data statistik desa wisata seperti kunjungan dan sarana prasarana.(*)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of