Kenalkan Embung Sebagai Obyek Wisata di Tour De Merapi 2019

0
104
Bupati Sleman melepas peserta Tour De Merapi 2019

Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman menyelenggarakan event motoran gembira Tour De Merapi 2019. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 21 Juli 2019 dengan mengambil start di Lapangan Pemda Sleman dan finish di Tlogo Putri Kaliurang. Adapun tema yang diangkat pada penyelenggaraan Tour De Merapi 2019 adalah Embung Wae Yoo.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Dra.Hj. Sudarningsih, M.Si. menyampaikan bahwa Tour De Merapi 2019 diikuti sebanyak 704 kendaraan dengan 1.408 peserta, termasuk 42 peserta dari kalangan perhotelan. Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman menyampaikan jika puluhan embung di Kabupaten Sleman tidak hanya berfungsi sebagai tempat penampungan air dan pertanian, tetapi juga sebagai sarana Obyek Wisata. Karena itulah Tour De Merapi 2019 mengambil tema Embung Wae Yoo. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman dalam penutup sambutannya juga menyampaikan terima kasih kepada para sponsor dari kalangan BUMD, Perhotelan dan Obyek Wisata yang telah mendukung penyelenggaraan acara Tour De Merapi 2019.

Peserta Tour de Merapi 2019 dilepas oleh Bupati Sleman, Drs.H. Sri Purnomo, M.Si., melalui pengibasan bendera. Dalam sambutannya, Bupati Sleman menyampaikan jika embung-embung di Sleman begitu besar manfaatnya bagi masyarakat. Embung tersebut digunakan untuk menjaga ketersediaan air baik ketika musim kemarau maupun musim hujan. Selain itu, embung juga digunakan sebagai obyek wisata bagi keluarga dengan bebagai aktivitas rekreasi seperti lari, jalan santai hingga bersepeda. Bupati juga menyampaikan apresiasi atas diselenggarakannya berbagai acara yang sebelumnya telah diadakan di Kabupaten Sleman seperti Sleman Temple Run 2019 dan Tour de Ambarrukmo 2019 yang telah membantu meramaikan industri pariwisata di Kabupaten Sleman.

Pada Tour De Merapi 2019 ini peserta dibawa mengelilingi tujuh embung. Mulai dari Embung Jetis Suruh (Donoharjo Ngaglik), Embung Banjarharjo (Bimomartani Ngemplak), Embung Tambak Boyo (Maguwoharjo Depok), Embung Donomulyo (Gancahan Gamping), Embung Tirto Agung (Ngino Seyegan), Embung Kaliaji (Wonokerto Turi) dan Tlogo Putri di Kawasan Kaliurang. Di setiap lokasi embungnya, peserta diharuskan untuk meminta cap stempel dari panitia yang bisa ditukarkan dengan kesempatan berhadiah. Di beberapa titik embung juga terdapat pementasan kesenian tradisional seperti di Embung Donomulyo dan Embung Kaliaji. Tak lupa peserta juga berfoto ria di setiap embung yang menjadi lokasi pemberian cap stempel.

Berbagai hadiah seperti Sepeda Motor, Notebook, Sepeda, Rice Cooker, LED TV, Kambing dan hadiah menarik lain disediakan oleh panitia dan sponsor untuk para peserta. Adapun pemenang dari hadiah utama Sepeda Motor adalah Fajar Rintoko dan Hariyanto. Selain hadiah, para peserta juga dihibur dengan orkes dangdut. Berbagai keseruan dan keceriaan di Tour De Merapi 2019 dapat warganet lihat di IG Story Album “TDM 2019” di akun instagram @wisatasleman.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of